Langsung ke konten utama

Unggulan

Episode : Entah Berapa — Skripsiku sayang, Skripsiku malang

 Shout out to no one who's waiting on my next post Hehe. Kembali lagi bersama dengan Anggia disini since this blog belongs to me. Only. Di postingan yang pertama di tahun 2022 ini i just want to inform you guys, proudly that aku lulus! Im gonna be really honest that my thesis is so far from smooth but THANK GOD, i can go through it. Keinget banget pertama kali seminar proposal gue cuma bisa cengo saat ketua penguji dan penguji I "menawarkan" gue judul baru, sambil bertanya kenapa latar belakang gue per paragrafnya kaya ga berkesinambungan. I wish i could give any defense to the judges but hm... Im failed :(. Setelah mengalami mental breakdown ngerjain revisian skripsi dengan judul dan topik baru and almost lost my courage karena cuma dikasih waktu seminggu, finally i made it dan lembar revisi gue di ttd semua dosen yang terlibat dalam penelitian. Did it stop there? No—Duh. Pas sidang juga gw ga seberuntung teman yang lain karena waktu gue kepotong banyak akibat mahasiswa

Episode 1: The Beginning

Note: Tadinya ini pos mau gue masukin ke episode 2 Drama Kampus, tapi karena cuma cerita doang gue masukin ke Tag "Choir Life" aja yaa...

Jadi intinya gue pengen cerita gimana awalnya gue bisa masuk Paduan Suara sampe sekarang. Ini bakal ngebosenin sih gue juga ga yakin kalian pada kuat bacanya sampe habis hehe, pokoknya ceritanya kek gini deh:

Sebelum masuk ke masa kuliah gw, gw pengen kilas balik dulu sejenak yaaa tentang diri gue dulunya gimana. Dulu jaman SMP gw pernah masuk karate karena simply ada satu anak yang i had crush with lah intinya wkwk. Gue join karate tuh ikut latihan tiap Rabu sama Sabtu dari jam 3 sore kalo gasalah. Gue tuh semangat banget dulu ikut latihan alias fake banget lah alasan gw join aja cuma segitu dangkal biar bisa liat crush gue pas latihan (alias najong banget masa SMP gw) Long story short, gw keluarlah dari eskul itu karena simply gw kek sedih gitu temen-temen gue yang lain pada ikut kompetisi padahal gue kaga. Udahlah beli baju segala macam, latihan sore, badan gue letoy banget lagi bener-bener bukan gw banget lah. Gue juga dengan hati ringan ya keluar ajaa karena ga suka crush gw lagi waktu itu wkwk. Kurang lebih gue di eskul itu 6 bulanan lah.

Selepas dari karate, ya gw sekolah aja gitu jadi anak yang ga pinter pinter banget dan ga bodoh bodoh banget juga. Terus berakhirlah gw ikut eskul gamelan. Jujur nih, eskul ini di sekolah gue malah kaya lebih ga bervisi gitu karena ya cuma latihan aja. Sepanjang eskul itu gw ga denger ada kompetisi atau acara-acara yang harus dihadiri sama gamelan kami. Jujur di gamelan gue malah lebih menikmati karena gue suka musik dan gue ga ngerasa ada tekanan tertentu, yaa karena kita semua sama-sama cuma latihan doang, ga ada lomba atau apapun.

Masa SMP gue akhirnya selesai dengan agak boring. Gw kira ketidakproduktifan gue cuma berakhir sampe SMP, ternyata lanjut lagi ke SMA haha memang bodoh. Gw masuk ke paskibra setelah menimbang-nimbang apakah gue cukup fit untuk ikut gituan. Lagi-lagi memang ga berbakat sih, jadi ga pernah kepilih lommba juga. Dan gue juga waktu itu bukan tipikal yang rela bolos sekolah demi nonton temen gue lomba haha. Disamping itu ternyata, ketahanan fisik gue ga sebagus ketika gw ikut karate pas SMP. Gw cepet banget capek dan gatahan berdiri lama-lama, padahal kan ya namanya juga paskib, lu semua kebayang lah kaya apa kegiatannya.

Akhir ceritanya yaa mirip-mirip lah kaya karate, gue out setelah 6 bulan dan ada konflik juga dengan coach  sekaligus guru MTK gue waktu itu pas gue ajuin surat pengunduran diri. Setelahnya ya bisa ditebak, gue sekolah aja gitu kaya biasa. Kelas XII gue ikut bimbel yang ternyata ada dia sebagai tutornya di bimbel itu, wkwk. Tapi untunglah sudah tidak ada dendam diantara kami. Ya kan ga mungkin juga gue ribut ama dia di tempat bimbel. 

Udahlah panjang banget intinya dari bimbel itu Alhamdulillah gue bisa masuk ke kampus gue sekarang dengan selamat sentausa. Kaya biasalah namanya juga maba, hari-hari awal pasti ada ospek yang ditutup sama parade ukm.

Dari sini sebenernya gue mulai mikir, kira-kira gw bakal cetek lagi ga tuh kaya dulu-dulu. Eskul keluar, eskul keluar. Gw ngerasa kemampuan survive gue yang rendah tuh ga bisa terus-terusan dipiara. Gw mulai mikir kalo gue gampang banget ciut sama temen-temen gue yang ikut kompetisi terus akhirnya milih keluar, gue gabakal jadi apa-apa dikampus. Oh iya fyi gw emang lebih condong ke ukm dibanding ormawa karena memang ga mau terlibat di politik kampus gitu-gituan lah.

Setelah nimbang-nimbang akhirnya gue memutuskan satu ukm. Paduan Suara.

Sebenernya ini bukan hal yang impulsif kaya, "ah ikut padus aja lah, enak nyanyi nyanyi doang." Sama sekali ga kaya gitu. Gue suka nyanyi dari dulu, dari kecil malah, serumah tuh kayanya dah pada bosen dengerin gue nyanyi. Tapi tiap gue nyanyi gw suka ngerasa ga percaya diri gitu karena yang pernah denger suara gue pas nyanyi ya cuma keluarga ama temen-temen deket gua doang paling. Orang lain mah mana tau gue suka nyanyi, orang-orang di sekolah juga kaga ada yang tau gue siapa iyalah orang gue ga aktif dan ga pernah menonjol juga kaya siswa-siswa lainnya yang bolak balik ikut kompetisi A, B, C dan lainnya.

Modal nekat, gue akhirnya ikut audisi juga tuh ke padus itu. Gue siapin lagu dari Raisa cuma gue lupa judulnya apa. Tesnya nyanyi lagu bebas, hearing sama baca not balok. Gw ikut audisi dan wawancara sama seorang temen gue. Abis audisi, gue dan temen gue ga terlalu ngomongin itu, ya jalan kaya biasa aja. 

Waktu itu gue bilang ke temen gue, kalo di UKM ini gue ga lolos, gue kayanya ga punya niat buat ikutan yang laen. Gw sadar gue sukanya nyanyi. Doang. Daftarnya di padus ya karena nyanyinya rame-rame, ga kaya vokalis band yang sendiri atau paling banyak berdua. Kepercayaan diri gue ga akan cukup sampe ke level itu lagipula.

Gue lupa tanggal berapa, yang jelas jam 2 siang-an lah, list nama yang lolos audisi dan wawancara diupload ke grup peserta audisi. Gw waktu itu lagi rebahan, kamar kos gue gelap dan berantakan, terus tiba-tiba hp gue geter. Pas gue liat ternyata di grup tuh udah kaya rame gitu ucapan selamat dan beberapa ada yang keluar dari grup setelah list itu dikirim. Gw antara ngarep ga ngarep gue buka list nama anak-anak yang lolos dan ADA NAMA GUA DONG WOY?! Kalian bisa cek link ini juga btw:  https://gitaadvayatvachoir.wordpress.com/2018/10/04/pengumuman-anggota-baru-psm-gita-advayatva-2018/

Gue langsung bangun dan buru-buru mandi. Memastikan bahwa gw bener-bener melek buat sadar itu nama gueeee ternyata bener. 

Gue mau nangis waktu itu tapi ga bisa karena gue terlalu happy. Deep within' gw ga berharap banyak sebenernya. Gua masih bisa menyium aroma aroma keluar setelah 6 bulan lagi. Tapi waktu itu gue ga peduli. Asli ga peduli banget mau gue keluar kek nantinya bodo amat. Rasanya tuh kaya dapet apa yang bener-bener lu pengen dan butuh sekaligus, bukan cuma salah satunya. Seneng banget lah pokoknya.

Sebenernya pas awal masuk sana gue juga ga ngerasa gw cukup layak untuk lolos audisi. YAIYALAH. Temen-temen gue disana kalo ditanya yang udah padus di SMA lah, padus dari SMP, paduan suara gereja, aduh banyak banget anak-anak yang skillnya jauh-JAUH-JAUH banget diatas gue. Bahkan waktu itu, orang yang di tes nyanyi disebelah gue suaranya lebih bagus dari, gue asli seheran itu kenapa gue yang lolos, bukan dia.

Battled with my insecurity back then, gw ogah berlama-lama merasa kecil kaya mikroba. Gue ya bersikap seperti biasa aja dan latihan sungguh-sungguh. Meski gue sadar progres gue sangat minim. Gw ya latihan aja gitu muka tembok, padahal sampe sekarang suara gw yaa ga sebagus temen yang lain dan teknik vokal gue ga seunggul temen-temen yang lain.

Ternyata waktu berjalan terus sampe ganyadar gue udah kurang lebih 2 tahunan di UKM tersebut. Gue belajar banyak terutama menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, dan bertahan di situasi yang tidak gue inginkan. Gue bangga banget sama diri gue sendiri bisa ada disana selama lebih dari 6 bulan, jauh diatas ekspektasi (dan kebiasaan gue). Bahkan ortu gue sendiri tuh kaya skeptis gitu pas awal gue masuk padus, karena mereka tau ya galama gue pasti bakalan cabut juga akhirnya.

Jujur sih, gue berhutang banyak bangettt sama PSM ini, terutama perihal self development :") Kata terima kasih aja gacukup kali buat PSM Gita Advayatva ini huhu i love you guys so much. Semoga kita bisa cepet  kumpul-kumpul lagi  kaya gini yaaa.


Latihan drama kelompok pas Team Building di Puncak, Januari 2020


Foto sebelum Evaluasi NFF, lupa bulan apa (2020)

Foto setelah tampil NFF, Maret 2020


Foto di UCC setelah penampilan di lomba SICF, Agustus 2019

Sumpah sih kalo gue kudu upload semua foto padus yang gue punya banyak banget gilsss, jebol keyboard gue entar kalo suruh nyeritain ini di satu episode doang. Next time gue lanjut lagi lah cerita ini huhu, jadi kangen :")




















Komentar