Langsung ke konten utama

Unggulan

Episode : Entah Berapa — Skripsiku sayang, Skripsiku malang

 Shout out to no one who's waiting on my next post Hehe. Kembali lagi bersama dengan Anggia disini since this blog belongs to me. Only. Di postingan yang pertama di tahun 2022 ini i just want to inform you guys, proudly that aku lulus! Im gonna be really honest that my thesis is so far from smooth but THANK GOD, i can go through it. Keinget banget pertama kali seminar proposal gue cuma bisa cengo saat ketua penguji dan penguji I "menawarkan" gue judul baru, sambil bertanya kenapa latar belakang gue per paragrafnya kaya ga berkesinambungan. I wish i could give any defense to the judges but hm... Im failed :(. Setelah mengalami mental breakdown ngerjain revisian skripsi dengan judul dan topik baru and almost lost my courage karena cuma dikasih waktu seminggu, finally i made it dan lembar revisi gue di ttd semua dosen yang terlibat dalam penelitian. Did it stop there? No—Duh. Pas sidang juga gw ga seberuntung teman yang lain karena waktu gue kepotong banyak akibat mahasiswa

Episode 1: Drama Isi KRS

 Hai, kembali lagi bersama Anggia di blog yang kayanya ga ada visitorsnya ini *cries. Jadi di hari gw tulis post ini ialah hari dimana gw isi krs buat mata kuliah semester 5 ini. 


Buat yang belum tau, isi KRS itu apa, siniii gw kasih tau. KRS itu adalah kartu rencana studi atau kalo di sekolahan namanya Jadwal Mata Pelajaran lah. Nah kalo disekolahan kan biasanya yang isi jadwal pihak kurikulum sekolah nih, kalo KRS biasanya di semester II, mahasiswa udah mulai bisa menyusun jadwal sendiri. Tujuannya kenapa KRS itu bisa disusun sendiri kalau menurut gw pribadi, biar mahasiswa yang kuliah sambil kerja, bisa jalanin keduanya dengan baik karena jadwalnya dipilih sendiri. Gituu.

Nah tapi, mengisi krsnya itu yang kadang berpotensi menyebabkan masalah di kemudian hari dan akhirnya kita sesali. Berikut ini, gw bakal kasih tau kendala yang terjadi saat isi KRS, yang sampe bikin mahasiswa tuh suka stress sendiri gitu di masa-masa mendekati jadwal pengisian krs. Let's move to the list!!!

1. Ga cocok sama dosennya
                
                 

Ini nih yang bakal terjadi kalau menu tampilan krs kampus kita ga ada tampilan yang nunjukin siapa nama dosen pengampu untuk kelas mata kuliah terkait. Udah cepet cepetan, namanya ga ada jadinya yaa sedapetnya deh. Kalau dosennya sesuai sama style belajar kita ya syukur, kalo engga yaa mau diapain? Daripada ga dapet kelas terus harus ngurus ke bagian akademik?

2. Ga kebagian kelasnya

                         
Nah ini drama yang bisa kejadian kalo misalnya kita nanya kakak tingkat, soal siapa siapa aja nih dosen yang sekiranya "menguntungkan" lah buat mata kuliah yang kita pilih nanti. Biasanya dosen yang disaranin sama kakak tingkat itu jadi dosen incaran adik-adik tingkat, ini yang bikin banyak mahasiswa ga kebagian dosen incaran tersebut, karena kelasnya udah dipenuhi mahasiswa yang lebih cepat milih si dosen itu.



3. Internetnya bala


Ini juga nih salah satu yang paling sering kejadian sama gw haha dan yang pasti ini nyusahin dan bisa bikin tangan gw keringetan sendiri karena terlalu tegang. Salah satu kendala dari isi KRS itu yaaa biasanya karena internetnya ngelag, contohlah wifinya tiba-tiba ga bisa or kuotanya habis atau malahan ga dapet sinyal. Hal ini biasanya kejadian terutama sama mahasiswa yang rumahnya emang susah sinyal atau emang operatornya aja yang pelit sinyalnya jadi gitu deh nyusahin. 

4. Webistenya error
INIIIII yang paling menyusahkan dan paling konyol dari yang terkonyol. Mau sebanyak apapun kuota dan selancar apapun sinyal device yang kita pake buat isi KRS, kalo website buat ngisinya udah ngedown, sudahlah habis bubar segala daya upaya kita untuk membuatnya normal kembali. Kejadian ini bisa cuma beberapa menit doang sih kalo di website kampus gue, tapi mungkin bisa lebih lama dari itu. Yang bisa kita lakukan adalah berdiam diri dan menunggu, atau yah... lapor dosen PA atau Kaprodi.

Nah itu dia empat pemeran utama dalam drama pengisian KRS, terus solusinya gimana yaa biar setidaknya mengurangi hal-hal kaya gitu kejadian. Yuk disimak!


1. Berdoa


Jujurrr ini penting banget sih menurut gw. Sebisa mungkin jangan lupa buat doa dulu minta sama Tuhan biar isi KRSnya lancar

2. Charge device(s) yang akan  dipakai

    

Charge device kalian sampe 100% beberapa jam sebelum pengisian krs. Pastikan bener-bener keisi pas ngecharge yaa, jangan dicolok doang tapi ternyata ga kecharge. Soalnya hal-hal sepele kaya gini bikin perasaan nambah runyam. Asli.

3. Pastikan wifi berfungsi atau kuota tersedia



Sebelum jadwal pengisian KRS, kalian harus cek kuota internet kalian masih ada atau engga, atau wifinya beneran bisa dipake atau engga. Apalagi yang biasanya isi KRS pakai wifi di tempat umum. Pastikan wifinya beneran aman dan cepat, biar ga nyusahin pas isi KRS.

4. Sinyal



Buat yang tinggal diperumahan yang gangnya sempit, atau kalian yang tinggalnya jauh dari pusat kota biasanya kan agak susah sinyal tuh kalo pake kuota sendiri. Pastikan kalian ada di tempat yang sinyalnya beneran stabil, biar isi KRSnya berjalan lancar


5. Tanya kakak tingkat


Ini ga wajib, tapi menurut gue cukup penting sih. Kita harus tau untuk mata kuliah A nih misalnya, dosennya siapa aja, dan karakteristiknya gimana ke kakak tingkat. Tanya ke mereka tugasnya gimana, punya peraturan atau permintaan khusus ga, ngasih nilainya objektif apa engga, cara ngajarnya gimana, macem-macem deh. Pastikan kalian nyari dosen yang benar-benar cocok sama cara kalian belajar, jangan asal milih aja yaa. 

6. Cari barengan



Tanya temen-temen kalian, kelas mana dan jam berapa yang mereka pilih buat matakuliah di semester itu. Ini menurut gw krusial banget sih, pastikan dalam satu kelas ada orang yang kalian kenal deh setidaknya biar lebih memudahkan kalo lagi diskusi atau pembentukan kelompok. Tapiii kalo kalian suka bersosialisasi dan suka cari temen baru, it's okay kok buat misah sama temen-temen di semester sebelumnya, yang penting itu adaptasinya di kelas barunya gimana yaa.

Now, we're done. Kayanya udah cukup deh gw ngejelasin drama isi krs. See you on the next post and Luv yaa ((U~U))!!!




Komentar